Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Salafiyah Syafi'iyyah Depok)
Main Author: | Siti Khodroh Tusiyam |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education, (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education, (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian dilaksanakan di MTs Salafiyah Syafi�iyyah Depok tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebesar 56,85 meningkat menjadi 70,22 pada siklus II, diikuti dengan peningkatan persentase kemampuan berpikir kreatif matematis yang meliputi kemampuan berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), dan berpikir elaborasi (elaboration). Selain kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, aktivitas belajar dan respon siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ratarata skor aktivitas belajar dari 55,92% pada siklus I meningkat menjadi 75,72% pada siklus II. Pada umumnya siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Berdasarkan jurnal harian siswa, rata-rata persentase respon positif siswa meningkat dari 62,76% pada siklus I menjadi 72,78. % pada siklus II