Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan penalaran induktif siswa pada pembelajaran matematika

Main Author: Rizma Amalia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan PMRI terhadap kemampuan penalaran induktif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2012 di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan penalaran induktif matematik berbentuk essay dengan 2 (dua) indikator dan jurnal harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran induktif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penalaran induktif siswa yang diberi pendekatan PMRI lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pendekatan PMRI. Pengaruh ini ditunjukkan dari skor kemampuan penalaran induktif. Data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh nilai t hitung sebesar 2,46, sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) =68 sebesar 1,645. Sehingga hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan PMRI terhadap kemampuan penalaran induktif siswa, diterima