Pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa (penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 233 Jakarta)

Main Author: FATONAH, Elis
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Kemampuan representasi matematik penting bagi siswa karena merupakan salah satu dari lima kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran. Representasi bertujuan mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang sifatnya abstrak menjadi lebih nyata bagi siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan nyata siswa adalah Pendekatan Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa melalui pembelajaran dengan Pendekatan Realistik. 2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan Pendekatan Realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 233 Jakarta Timur dengan subyek penelitiannya siswa kelas VIII-1. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata skor kemampuan representasi matematik siswa dari 73,70 pada tindakan I menjadi 82,75 pada tindakan II. Selain itu, hasil penelitian juga menujukan bahwa pada umumnya siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika realistik dan kemampuan representasi matematik. Hal ini dapat dilihat melalui hasil jurnal harian yang menunjukan persentase respon positif siswa meningkat dari 73,01% pada tindakan I menjadi 80,63% pada tindakan II. Hal ini juga diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran yang tergolong kategori �baik�