Upaya meningkatkan aktivitas belajar metematika siswa melalui permainan matematika :penelitian tindkan kelas di MI Attaqwa 32 Bekasi Utara

Main Author: APRIYANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Rendahnya motivasi dan minat siswa dalam belajar matematika masih merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam pelajaran matematika. Salah satu upaya untuk lebih mengefektifkan pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan metode permainan matematik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui permainan matematik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Attaqwa 32 Bekasi Utara pada kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrument yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar wawancara, angket motivasi belajar, angket persepsi siswa terhadap permainan matematik, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Dengan penerapan metode permainan matematik dalam pembelajaran matematika diperoleh adanya peningkatan motivasi belajar. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran semakin meningkat. Kenyataan ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran siklus I dan II berturut-turut adalah 60,32% dan 89,21%. Selain itu didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai kegiatan peenelitian pendahuluan dan rata-rata nilai tiap siklus yaitu 54,7 pada kegiatan penelitian pendahuluan, 68,2 pada siklus I dan 89,6 pada siklus II. Berdasarkan pada hasil penelitian yaitu pembelajaran matematika dengan metode permainan matematik didapatkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan disertai adanya peningkatan hasil belajar.