Pengaruh model pembelajaran kooperatif metode make A match terhadap pemahaman konsep matematika siswa
Main Author: | FITRIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif metode make a match terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Tangerang, dari tanggal 03 � 31 Januari 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen penelitiannya berupa tes uraian sebanyak 8 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata populasi dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode make a match lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode konvensional. Pada proses pembelajaran berlangsung, keaktifan siswa dikategorikan baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode make a match.