Pembelajaran berbasis dap untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam belajar matematika penelitian tindakan kelas di sdi ruhama cirebon

Main Author: CHODIJAH, Siti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah adanya permasalahan rendahnya rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika. Rendanya rasa percaya diri ini dapat menghambat siswa untuk mencapai prestasi yang optimal. Guru dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan konsep Developmentally Appropriate Practice (DAP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SDI RUHAMA Cirendeu pada bulan Nopember 2009 sampai dengan bulan Januari 2010 dikelas V-B dengan subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 5 kali pertemuan. Adapun pokok bahasan yang dipelajari adalah persen, desimal dan operasi pada pecahan. Pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara dan penyebaran angket kepercayaan diri. Hasil yang diperolah dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang sesuai dengan konsep DAP dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Kata kunci: Developmentally Appropriate Practice (DAP), Percaya diri, Belajar matematika.