Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa eksperimen di salah satu SMP Negeri di Depok

Main Author: Siti Heni Hanifah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri di Depok tahun ajaran 2014/2015, bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian randomized posttest only control group design. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen (CPS) sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol (konvensional) sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf nyata 5% diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang bernilai kurang dari ? = 0,05. Hal ini menunjukkan, bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kemampuan penalaran adaptif paling menonjol yang dapat dikembangkan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving adalah aspek induktif intuitif. Kedua aspek penalaran adaptif yaitu, induktif intuitif dan deduktif intuitif tersebut hampir seimbang dan tidak terlalu besar selisihnya. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mengembangkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Model pembelajaran Creative Problem Solving dapat mewadahi perkembangan kemampuan penalaran adaptif matematis secara menyeluruh.