Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa melalui model experiential learning

Main Author: Putri Marjanul Jannah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematik siswa dan peningkatannya pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Experiential Learning (EL) dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian two group randomized subject pre- and posttest design. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen (EL) dan kelas kontrol (konvensional), dengan jumlah siswa di dua kelas sama yaitu 41 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematik dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa thitung lebih dari ttabel, yang berarti thitung berada pada daerah penolakan H0. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Experiential learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Selain itu, peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model EL juga lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional