Pengaruh model pembelajaran collaborative murder terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa: penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPI Al Azhar 25 Pamulang

Main Author: Rici Elnanda
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran Collaborative MURDER terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, 2) Untuk menganalisa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematik menggunnakan model pembelajaran Collaborative MURDER dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two group randomized subject post test only. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen (Collaborative MURDER) sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol (Konvensional) sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Collaborative MURDER lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran kovensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Collaborative MURDER adalah sebesar 76,00 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 66,17 (thitung = 3,83 dan ttabel = 2,00). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Garis dan Sudut dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative MURDER berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional.