Perbandingan hasil belajar kimia siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division dan TGT (Teams Games Tournaments) pada konsep redoks (quasi eksperimen di SMA 2 Mei)

Main Author: Ade Fauza Fadlani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT pada konsep redoks. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 2 Mei pada kelas X dengan subjek penelitian untuk kelas eksperimen STAD berjumlah 30 orang siswa dan untuk kelas eksperimen TGT 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretespostes group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 sebagai kelompok ekperimen yang belajar dengan metode STAD dan siswa kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan metode TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kognitif dari hasil belajar bentuk pilihan ganda dan hasilnya diuji melalui statistik uji t�. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 0,373 sedangkan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga penelitian ini menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ataupun TGT. Dengan rata-rata hasil belajar masing-masing 75 dan 73,5. Sedangkan skor ngain menunjukan kelas ekperimen STAD berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 0,68 dan kelas ekperimen TGT pada kategori sedang sebesar 0,48