Penagruh metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi
Main Author: | UMMISSA'ADAH, Syifa |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian telah dilaksanakan di MAN 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan sampel 80 siswa kelas XI yang diambil dari 2 kelas yang berbeda. Kelas pertama menjadi kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran metode ekspositori dan kelas kedua menjadi kelas esperimen yang diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif . Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes uraian sebanyak 13 soal. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan antara mean kelas eksperimen 63,88 dan kelas kontrol 51,13. Dari hasil perhitungan uji �t� (? = 0,05) didapatkan nilai thitung (6,93) > ttabel (1,9). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh yang signifikan bagi siswa dalam mempelajari konsep laju reaksi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori.