Pengaruh strategi pembelajaran aktif metode active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi)
Main Author: | Siti Mutmainah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif metode Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ekonomi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian (pretest-posttest control group design). Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 CIPUTAT dari tanggal 17-25 September 2013. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Ciputat tahun ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII, yaitu kelas VIII-6 dan kelas VIII-7. Dimana Kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 orang perempuan. Dan kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 14 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen penelitian yang diberikan berupa 20 soal bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,26 pada taraf signifikan 0,05 dan sesuai dengan sifat distribusi normal, maka thitung > ttabel, yaitu 4,26 > 1,66. Dengan demikian, Hipotesis Ho ditolak, Hipotesis Ha diterima, sehingga tingkat hasil belajar IPS (ekonomi) siswa yang diajarkan dengan metode Active Knowledge Sharing lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan metode bertukar pendapat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif metode Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS (ekonomi) siswa