Persepsi komunitas suku Dayak Hindu-Budha Bumi Segandu terhadap pendidikan formal (penelitian deskriptif kualitatif di Desa Krimun, Losarang Kab. Indramayu)

Main Author: Caerih Nurlinda Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi komunitas Suku Dayak Hindu-Budha Bumi Segandu terhadap pendidikan formal. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2013 di Padepokan Nyi Ratu Kembar Jaya Desa Krimun RT.13 RW.03, Kec. Losarang Kab. Indramayu. Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengambilan data adalah wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi komunitas Suku Dayak Hindu- Budha-Bumi Segandu terhadap pendidikan formal adalah ditemukan konsep bahwa sikap kelompok aliran kepercayaan yang dipimpin oleh Takmad Diningrat yang tidak mengharuskan komunitas dan anaknya bersekolah dengan alasan banyak orang pintar tapi tidak benar. Hasil perhitungan angket menunjukan prosentase 39,17% persepsi komunitas Suku Dayak Hindu-Budha Bumi Segandu Terhadap Pendidikan Formal, ini termasuk kategori persepsi tidak baik