Penerapan model pembelajaran team teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs 19 Jakarta: Penelitian Tindakan Kelas

Main Author: Nofiyah Mardiani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan metode pembelajaran Team Teaching. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2012 di MTs 19 Jakarta. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (Classroom Action Research) di mana analisis ini dari hasil suatu pembelajaran direfleksikan pada pembelajaran berikutnya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri dari 3 dan 4 pertemuan. Pencapain hasil belajar banyak dilakukan. Namun saya hanya menentukan hasil belajar dengan pretes dan postest. Secara umum pencapain KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) berdasarkan hasil pretest dan postes pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 78,80 dengan rata-rata N-Gain sebesar 1,41 dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 76,38 dengan rata-rata N-Gain 1,20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Team Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS