Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving question and getting answer) untuk meningkatkan hasil belajar IPS
Main Author: | Nurhayati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada kelas VII di MTs. El- Syarief Tangerang. Di antaranya adalah siswa beranggapan IPS itu pelajaran sulit, motivasi siswa dalam belajar IPS rendah, kurangnya penggunaan strategi dalam pembelajaran IPS, siswa tidak terlibat secara aktif saat belajar IPS serta hasil belajar IPS siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di MTs. El-Syarief Tangerang dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe GQGA (Giving Question and Getting Answer) untuk meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII denganjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar IPS pada pokok bahasan Interaksi Sosial Sebagai Proses Sosial berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Nilai rata-rata pretest siswa pada siklus I sebesar 23,80 dengan persentase ketuntasan sebesar 0%. Sedangkan pada nilai posttest siswa sebesar 68 dengan persentase ketuntasan sebesar 76,19%. Masih ada 5 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu 60 dari 21 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa. Nilai Rata-rata pretest siswa sebesar 37,52 dengan persentase ketuntasan sebesar 4,76%. Hanya ada 1 siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Sedangkan nilai rata-rata pada posttest siswa sebesar 85,52 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, terjadi peningkatan N-Gain dari tiap siklusnya. Pada siklus I terdapat 4 siswa (19,04%) yang mencapai kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terdapat 14 siswa (66,67%) yang mencapai kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe GQGA (Giving Question and Getting Answer), dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di MTs. El-Syarief Tangerang.