Perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran think talk write (TTW) dan numbered head togher (NHT) di SMP Islamiyah Ciputat

Main Author: LUTFIYAH, Ismi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) di SMP Islamiyah Ciputat. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu cara melakukan penelitian dengan percobaan. Metode ini digunakan untuk menelaah adanya perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dan kelas VIII-3 SMP Islamiyah Ciputat. Kelas VIII-2 terdiri dari 40 siswa, yang metode pembelajarannya menggunakan Think Talk Write (TTW). Kelas VIII-3 terdiri dari 41 siswa, yang metode pembelajarannya menggunakan metode Numbered Head Together (NHT). Instrumen yang dipakai adalah tes. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji �t� (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi �t� pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) dengan diperoleh nilai ????????????? < ???????????? ?????????? 0,46 < 1,66; 2) Perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat terlihat dari mean gainnya sebesar 0,56 lebih baik daripada mean gain kelompok yang menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu 0,11. Dengan demikian nampak bahwa hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW).