Persepsi masyarakat Cina benteng terhadap pendidikan: studi kasus di Desa Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang
Main Author: | Dara Rahmita Dewi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Cina Benteng terhadap Pendidikan, dan Peran Lembaga atau Istitusi Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Desa Sukasari, kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Istrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Pemerikasaan dan pengecekan data dalam menguji credibility and transferability. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode, dengan menyesuaikan studi dokumentasi, teknik wawancara dan observasi. Setelah melakukan penelitian, hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat Cina Benteng Terhadap Pendidikan adalah masyarakat Cina Benteng sudah mengerti arti pendidikan yang sesungguhnya bahwa pendidikan penting dan wajib bagi semua kalangan hal ini didukung oleh peran lembaga atau institusi pendidikan sudah baik dan berperan aktif. Berdasarkan hasil penelitian, tinggi nya Persepsi Masyarakat Cina Benteng Terhadap Pendidikan memberikan dampak positif baik secara lapisan sosial dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Cina Benteng pada umunya dan taraf kehidupan masing-masing individu pada khususnya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa masyarakat Cina Benteng memiliki persepsi yang baik terhadap pendidikan. Kata Kunci: Persepsi Masyarakat Cina Benteng, Pendidikan dan Peran Lembaga atau Istitusi Pendidikan