Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Dengan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa
Main Author: | Muhamad Pahrudin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dengan Make a match terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA pada konsep Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Jonggol tahun ajaran 2013/2014 pada bulan November 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pre-test and post-test) control group design. Pengambilan sampel menggunakan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, yang berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 4.61935 dan ttabel pada taraf signifikan ?=0.05 sebesar 1.9925, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dengan Make a Match terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA pada konsep Sistem Peredaran Darah Manusia.