Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi
Main Author: | Muhamad Hawasi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Muhamad Hawasi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Judul: Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi, Eksperimen di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode drill terhadap hasil belajar kimia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mauk Kabupaten Tangerang dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, adapun sampel 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kay kuadrat untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji homogenitas data, dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitan perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,93 dikonsultasikan pada ttabel pada taraf signifikan ?=0,05 untuk dk 58. karena thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang signifikan.