Pengaruh model learning cycle terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep gerak pada tumbuhan kuasi eksperimen di smpn 134 jakarta
Main Author: | RAMDHANIAH, Rahmawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November bertempat di SMPN 134 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model learning cycle dan 40 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan model direct instructional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji �t�, terdapat pengaruh model learning cycle terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep gerak pada tumbuhan. Hasil ini dapat dilihat dari thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0.05 yaitu 2.49 > 1.99.