Peningkatan hasil belajar pada konsep kesetimbangan kimia melalui model pemebelajaran PBL (probelm Based Learning)

Main Author: ASTUTI, Lin Suciani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Muhamadiyah 02 Cipondoh tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kesetimbangan kimia. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menerapkan desain tindakan berdasarkan prinsip-prinsip desain pembelajaran model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) diantaranya adalah sikap berpikir kritis siswa dan kemandirian siswa dalam pembentukan konsep kimia. Prinsip berpikir kritis siswa dengan kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok. Sedangkan, prinsip kemandirian siswa dilakukan dengan kegiatan pemecahan masalah secara individu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar konsep kesetimbangan kimia melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) adalah rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 67,33 pada siklus I, dan 77,56 pada siklus II. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil belajar siswa, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).