Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan cooperative learning tipe numbered heads together dalam pembelajaran IPS pada materi permasalahansosial siswa kelas IV di MI Al-Manshuriyah kecamatan Cibadak kabupaten Sukabumi
Main Author: | Siti Nurlaeli |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Memperhatikan tujuan dan esensi pendidikan IPS akantercapai jika didukung oleh iklim pembelajaran yang kondusif, karena iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar siswa. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran.Hingga aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa-pun dapat berkembang maksimal secara bersamaan tanpa mengalami pendistorsian salah satunya. Untuk itu peneliti menerapkan pendekatan cooperative learning tipenumbered heads togetherdalam proses pembelajaran IPS. Pembelajaran ini sebagai salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif terutama pada pelajaran IPS yang merupakan spesifikasi dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan strategi belajar cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV MI Al- Manshuriyah Sukabumi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (ClassroomAction Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Manshuriyah Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatancooperative learningtipeNHTdalam pembelajaran IPS dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan oleh adanya perubahan siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS yaitu menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas, tampak gembira dan senang selama mengikuti pembelajaran. Selain itu, penerapan pendekatancooperative learning tipeNHTmeningkatkanhasil belajar siswa secara keseluruhan, dari masing kategori penilaian kurang, cukup, baik dan sangat baik pada siklus I yaitu masing-masing 35,71%, 14,29%, 28,57%, dan 21,43% menjadi 0% kurang, 3,57% cukup, 53,57% baik dan 42,86% sangat baik pada akhir siklus II. Tingkat keberhasilan pembelajaran pada akhir siklus II mencapai 96,43%.