Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran example non example kelas V MI Al Ittihad Tahun Pelajaran 2012 � 2013
Main Author: | Nurjanah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Apakah ada peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan mengunakan model pembelajaran Example Non Example pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ? Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kreativitas siswa dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V MI. Al Ittihad. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran dalam penelitian adalah siswa kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil pre test dan post test, lembar observasi kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (58 %) dan siklus II (100 %). Peningkatan hasil belajar sebesar 42 %. Model Pembelajaran Example Non Example dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebgai salah satu alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan