Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas 2 di MI Ta?allamul Huda

Main Author: Lilis Suryani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas 2 pada konsep kerja sama. Penelitian ini dilakukan di MI Ta?allamul Huda. Pada Bulan Mei Tahun Ajaran 2012-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu, dengan rancangan penelitian pretest-posttestcontrol group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sample. Penelitian ini melibatkan 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa pilihan ganda, wawancara dan observasi. Berdasarkan pengujian sampel menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > t tabel (4,07>1.67) pada taraf signifikasi 0.05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas 2 pada konsep kerjasama