Upaya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada konsep alat pencernaan makanan, makanan dan kesehatan dengan model kooperatip tipe STAD: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI al-Wathoniyah 7

Main Author: Suprianah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus pertama membahas alat pencernaan dan fungsinya, penyakit alat pencernaan sertacara mencegah penyakit alat pencernaan. Siklus kedua membahas zat-zat makanan dan fungsinya serta sumber makanan dan makanan bergizi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas V MI Al Wathoniyah 7 tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasi lbelajar IPA siswa pada konsep alat pencernaan makanan.Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran tipe STAD terdiri dari lima komponen: yaitupenyajiankelas, belajarkelompok, kuis, skorperkembangan, danpenghargaankelompok. Instrument dalampenelitianiniberupacatatanlapangandanpost tes. Pada siklus satu rata-rata hasil post tes yaitu 56,01 secara klasikal hanya 40% siswa yang tuntas . Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 74,00 dan 86% siswa yang tuntas dan mengalami peningkatan sebesar 18,0. Hasil penelitian ini menunjukan telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa pada konsep alat pencernaan makanan dengan digunakannya model pembelajaran kooperatiftipe STAD