Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di MI Al-Hidayah Ranji Kebonpedes Kabupaten Sukabumi

Main Author: Didah Faridah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hidayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh, pada siklus I hasil angket motivasi siswa memperoleh angka sebesar 68.17%, dan pada siklus II hasil angket motivasi belajar siswa terus meningkat hingga 82.15%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu hasil skor ratarata tiap indikator angket motivasi siswa meningkat hingga 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu hasil skor rata-rata tiap indikator angket motivasi siswa meningkat hingga 80%.