Peningkatan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas III Melalui Media Gambar di MI Al-Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur
Main Author: | Siti Urwah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas III dengan menggunakan media gambar pada pelajaran PKn? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengungkap sejauhmana efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran PKn sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Al-Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi kegiatan belajar, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah XI. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 43%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain 0,37. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Adapun saran penelitian ini adalah: Bagi guru,para guru bidang studi PKn khususnya dan guru-guru bidang studi lain pada umumnya dapat menjadi bahan acuan di dalam proses pembelajaran serta dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media gambar. Bagi sekolah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam upaya pembinaan dan pengembangan guru secara efektif, sehingga mendukung pencapaian tujuan program pendidikan. Bagi siswa, dengan menggunakan media pembelajaran gambar siswa diharapkan dapat lebih termotivasi, memahami materi dalam pembelajaran.