Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Konsep Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Kelas IV Di SDN Jombang VIII

Main Author: Dian Nur Aini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin, yang terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Jombang VIII kelas IV yang berjumlah 32 siswa pada semester genap tahun 2011/2012. Penelitian kelas dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua dilakukan dengan materi yang sama, yaitu Perubahan Kenampkan Bumi dan Benda Langit. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes objektif pilihan ganda, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru, lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran dan catatan lapangan. Teknis analisis data secara kuantitatif sederhana, yaitu berupa perhitungan N-Gain dan dijabarkan secara kualitatif, hasil perhitungan rata-rata skor tes hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan N-Gain, pada siklus I diperoleh hasil rata-rata N-gain 0.40 dan siklus II menunjukan N-gain 0.62 dengan katagori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada konsep perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Pencapaian hasil belajar tersebut didukung pula oleh rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69.21 sedangkan pada siklus II sebesar 76.87 dan rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 55.6% sedangkan pada siklus II adalah 70%, hal ini menunjukan aktivitas siswa meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep perubahan kenampakan bumi dan benda langit kelas IV di SDN Jombang VIII