Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode PAIKEM Tipe Course Review Horay pada mata pelajaran IPS Kelas 2 MI Al-Jihad Cilodong Depok

Main Author: Yanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menerapkan metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Tipe Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 2 MI Al-Jihad Cilodong Depok dan diharapkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk memberikan solusi permasalahn yang di hadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Jihad Cilodong Depok Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 45 orang, terdiri dari 21 laki dan 24 perempuan. Adapun indikator keberhasilannya yang dicapai KKM ? 70. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Tipe Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 2 MI Al-Jihad Cilodong Depok dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas 2 MI Al-Jihad Cilodong Depok. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi dokumen dan koleksi benda berharga dengan Metode PAIKEM Tipe Course Review Horay (CRH) mengalami peningkatan yang cukup memuaskan disetiap sikklusnya, baik kelompok maupun individu. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa ditunjukan dengan rata-rata N-Gain siklus I, yaitu 0,37 meningkat pada siklus II menjasi 0,43. Hal ini menunjukan bahwa, hasil belajar siswa secara keseluruhan meningkat dengan menghitung selisih dari pretest dan postest dengan kriteria rendah pada siklus I sebanyak 16 siswa, sedangkan pada sklis II mengalami peningkatan sebanyak 7 siswa, pada kriteria sedang pada siklus I terdapat 26 siswa, sedangkan pada siklus II terdapat 32 siswa, dan pada kriteria tinggi siklus I terdapat 3 siswa, sedangkan siklus II terdapat 6 siswa