Upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada konsep kenampakan buatan di wilayah Indonesia

Main Author: Ahmad
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Falah Leuwinanggung Kecamatan Tapos Kota Depok pada Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada konsep kenampakan buatan di wilayah Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes hasil belajar, lembar observasi kegiatan guru dan siswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kontekstual (Contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah sebanyak 13 (52%) Siswa, lalu pada siklus II terjadi peningkatan karena jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 22 (88%) siswa. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual (CTL) juga membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa dan juga memberikan hasil yang baik bagi peningkatan hasil belajar siswa