Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Grogol Utara 12 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Rizky Chairani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Grogol Utara 12 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 41 siswa kelas eksperimen dan 41 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes nonobjektif (uraian) yang berjumlah 10 soal dengan skala penilaian menggunakan rentang skor 0-4. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment. Reliabilitas tes diperoleh sebesar 0,837 dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Paired Sample T-Test diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi < 0,05. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa