Peningkatan kemampuan mendeskripsikan dalam pembelajaran menulis Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II MI Shirathul Rahman Cengkareng Jakarta Barat
Main Author: | Faikoh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media gambar Pada Siswa Kelas II MI Shirathul Rahman Cengkareng Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas. Metode PTK dilaksanakan dalam beberapa siklus. Pada setiap siklus memiliki empat tahapan yang harus dilaksanakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Langkahlangkah tersebut dilakukan pada setiap siklusnya sehingga hasil yang diharpkan tercapai. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada tindakan pembelajaran mendeskripsikan dengan menggunakan Media gambar, Penguasaan kemampuan siswa menunjukkan peningkatan. Peningkatan kemampuan siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan yaitu 58,83 setelah diberi tindakan pada akhir siklus I skor rata-rata menjadi 63,50. Skor rata-rata menulis deskripsi siswa pada akhir siklus II, yaitu 72.00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan dengan sesudah dilakukan tindakan, dimana terdapat peningkatan dari nilai pretest ke nilai siklus I sebesar 4,67 dan dari siklus I ke siklus siklus II sebesar 8,5. Dari hasil penelitian di atas, terbukti bahwa penggunaan media gambar dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II MI Shirathul Rahman Cengkareng Jakarta Barat