Meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Shirathul Rahman Cengkareng Jakarta Barat

Main Author: Apiah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatip tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas. Metode PTK dilaksanakan dalam beberapa siklus. Pada setiap siklus memiliki empat tahapan yang harus dilaksanakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Langkahlangkah tersebut dilakukan pada setiap siklusnya sehingga hasil yang diharpkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatip tipe STAD meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus yang telah dilakukan. Hasil belajar siswa/rata-rata pada pratindakan sebesar 58,27 sedangkan pada siklus I nilai hasil belajar/rata-rata siswa sebeasr 65,58 maka terdapat kenaikan rata-raa sebesar 7,31. Sedangkan perbandingan kenaikan hasil belajar/rata-rata siswa dari siklus I ke Siklus II sebesar 7,73. Sedangkan kenaikkan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) cukup signifikan. Kenaikan dari pratindakan ke siklus I sebesar 38,47% dan dari siklus I ke siklus II kenaikannya 30,77%. Dengan demikian, didapatkan prosentase siswa memnuhi KKM sebesar 100% dan tergolong dalam kategri sangat baik