Peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas III MI Al-Islam Kota Sukabumi tahun pelajaran 2012-2013
Main Author: | Rusmawati Erni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan terdiri atas empat pertemuan. Adapun tahapan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III di MI Al-Islam Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2012-2013. Hal itu dapat dibuktikan melalui peningkatan nilai kemampuan membaca siswa pada siklus I dan siklus II. Serta peningkatan nilai pretes dan postes pada siklus I dan siklus II. Bahwasannya, nilai rata-rata siswa hanya 58 sedangkan pada siklus II yaitu 78. Nilai tertinggi pada siklus I yaitu 80 sedangkan pada siklus II mencapai 90. Lalu, perolehan nilai terendah siswa pada siklus I yaitu 40 sedangkan pada siklus II yaitu 60. Adapun porsentase ketuntasan belajar yang diraih siswa pada siklus I hanya mencapai 20% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat tinggi yaitu mencapai 90%. Dapat dikatakan bahwa peningkatan ketuntasa belajar siswa meningkat sebanyak 70%. Jadi, hasil tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan sebelum tindakan yaitu 70%, karena porsentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Maka, dengan demikian peneliti memutuskan bahwa penelitian dihentikan pada siklus II pertemuan II karena telah memenuhi target ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia