Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui media gambar di MI Zahrotul Ummah

Main Author: Marsinah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa melalui media gambar pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang diharapkan juga bisa memperbaiki kebiasaan belajar yang baik mulai dari persiapan belajar, melakukan latihan berulang-ulang, dan akhirnya mampu menerapkan apa yang mereka terima dari bangku sekolah ke kehidupan sehari- hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pda pembelajaran melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS mulai dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang cukup memuaskan. Pada siklus I diperoleh siswa pada saat pretest adalah 40, sedangkan nilai tertinggi pada preetest adalah 65. Nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat posttest sebesar 50, sedangkan nilai tertinggi pada saat posttest sebesar 90. Siswa yang mendapatkan nilai rendah sebanyak 19 orang, yang mendapatkan nilai sedang sebanyak 8 orang dan yang mendapatkan nilai tinggi sebanyak 1 orang. Dan pada siklus II diperoleh siswa pada saat pretest adalah 50, sedangkan nilai tertinggi pada preetest adalah 80. Nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat posttest sebesar 70, sedangkan nilai tertinggi pada saat posttest sebesar 100. Siswa yang mendapatkan nilai rendah tidak ada, yang mendapatkan nilai sedang sebanyak 19 orang dan yang mendapatkan nilai tinggi sebanyak 9 orang. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dengan materi keanekaragaman rumah ada mengalami peningkatan dan proses belajar mengajar dinyatakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan