Peningkatan keterampilan membaca puisi melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V MI Tanwirul Qulub Kebon Jeruk Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Sulistiawati Prahara |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Membaca puisi merupakan kegiatan membaca yang memerlukan kemampuan khusus, yang di dalamnya terdapat proses pengenalan, pemahaman, dan penghayatan. Keterampilan membaca puisi akan dapat diperoleh siswa apabila pembelajaran membaca puisi dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, di sini peneliti ingin mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa dalam membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi yang diterapkan oleh peneliti. PTK dilakukan dalam empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tindakan tersebut dilakukan secara bertahap ketika mengadakan penelitian agar hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa dengan penggunaan metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata pretest siswa yaitu 48,00 dan nilai yang didapat pada siklus I yaitu 68,25, dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Pada siklus II, hasil yang didapat adalah nilai rata-rata siswa 79,25, dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 70. Dapat dikatakan bahwa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 35%