Peningkatan Hasil Belajar PKN melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Game Tournament) GTT Kelasa IV MI Tahdzibun Nufus

Main Author: Ahmad Dimyati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di MI Tahdzibun Nufus dengan menggunakan metode kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) sebagai strategi pembelajarannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tahdzibun Nufus Jakarta Barat. Hasil belajar yang ingin dicapai adalah 75% siswa mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian melibatkan 58 orang siswa kelas IV MI Tahdzibun Nufus yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 31 siswa perempuan. Dari hasil penelitian yang berlangsung dalam dua siklus terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV MI Tahdzibun Nufus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 60,93 dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 85. Sedangkan dalam siklus II siswa kelas IV MI Tahdzibun Nufus memperoleh nilai rata-rata 72,45 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 95..