Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV MI. Tarbiyatul Islamiyah
Main Author: | Iid Waidin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ingin dikaji dan tujuan dalam penelitian tindakan ini adalah: Ingin mengetahui, apakah pembelajaran dengan penerapan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas IV, dan data yang diperoleh adalah berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I = 64,70%, siklus II =88,23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penerapan media gambar dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa MI. kelas IV serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.