Peningkatan sikap tolong menolong melalui metode kerja kelompok dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Gaotsiyah Jakarta Barat

Main Author: Saniyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • PeningkatanSikapTolong-MenolongMelalui-MetodeKerjakelomp$ dalam pelajaran Pendidikan Kewarganeg uriun Pedidikan pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Gaotsiyatr ramat Kalideres Jakarta Barat melalui metode kerja kelompok, skripsi, jurusan pendidikan -guru. madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Oin k.guiuanUniversitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta 2012 penelitian ini- bertujuan untuk mengetahui tentang sikap tolongmenolongs iswa pada pelajaranP endidikanK ewarganeg afaanP edidikanm elalui metode ti4a tetompot Oi Madrasah Ibtidaiyah AL- Gaotsiyah Kamal Kalideres JakartaB arat. Penelitiand ilaksanakanm ulai bulan Pebruaris ampaid enganb ulan- April 2012 diMI. Al-Gaoisiyah Kamal KalideresJ akartaBaratp, adas emesteIrI Tahun Pelajaran 201112012. -Penelitian ini menggunakanP enelitianT indakan Kelas (Clas sroom Action Re s e arch) . Teknik pemantauany ang digunakana dalah observasid an angket' Hasil penelitian menunjukkan bah-wa sikap tolong-menolong siswa _ o-..nqul menggunakanm etodek erja kelompokm elalui kegiatanp emantauand an hasil dari p.,,,EJunun studi kasus yang diterika.n kepadi merekaJuga disertl1..d.nqu1 jawaban kuesioner; l5,o|ai .th;dap tes sikap meningkat.Hali ni dapat dilihat dari perilaku ,ir*u ,.nd.rung aktif untuk beiusaha memahami dan melaksanakan materi-materpi okok pelajarand alamk egiatans ehari-hari' Hasil penelitian ini juga menunjukkanb ahwa penggunaanm etodek eda kelompok mampu ..igf.t[an sikap dan perilaku s]ya dari skala penilaian observasi dan angket. Keidaan dan situasi ini menunjukkan bahwa metode kerja kelompok mampum enarik perhatians iswad alamp embelajaranP Kn dan mampu ,.ngubuh sikapm erekur nludi lebih baik dalamp embelajaranP Kn di MI'