Upaya meningkatkan hasil belajar siswa Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan pembelajaran cooperative learning tipe Student Team Achievement Learning Divisions: Penelitian Tindakan Kelas di MI al-Huda Cakung
Main Author: | Sarifah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan informasi atau gambaran tentang keefektifan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan metode Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Ekspositori, 2) Apakah terdapat interaksi antara penerapan metode pembelajaran terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang terdiri dari 1 variabel bebas yaitu metode pembelajaran, dan 1 variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Cakung tahun ajaran 2011 / 2012 Sampel dalam penelitian ini diambil dengan simple random sampling, dengan kelas IV sebagai Kelompok Eksperimen. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan dokumentasi. Analisis instrumen yang dilakukan pada tes yaitu validitas isi, serta reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah.