Pengaruh penerapan metode ceramah bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS: siswa kelas IV MI Hidayathul Athfal Cinere Depok

Main Author: Saodah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terntang pengaruh penerapan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran IPS dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ceramah bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatul Atfhal inere Depok Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian penelitian eksperimen dan kausal komperatif yaitu sebagai upaya untuk mengetahui pengaruh antara penerapan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar siswa. Metode ini dilakukan dengan menggunakan free test dan post test. Uji Validitas diperoleh 23 siswa yang menjawab item yang valid dan 2 siswa yang menjawab item tidak valid, selanjuna uji reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,522 hal ini menunjukkan bahwa data instrument penelitian adalah reliabilitas. Hasil uji normalitas data diperoleh nilai Lhitung > Ltabel yaitu Lhitung = 0,3204 > Ltabel = 0,0086 maka uji normalitas adalah data berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh bahwa Fhitung = 0.84 dan Ftabel = 3.07 dengan demikian berarti Ho diterima model regresi diperoleh linear dan persyaratan uji linearitas regresi terpenuhi. Hasil pengujian keberartian linear diperoleh nilai Fhitung = 80,89 dan Ftabel = 4,28 berarti bahwa model regresi berarti dan uji keberartian regresi terpenuhi. Sedangkan, uji hipotesis diperoleh nilai rhitung sebesar 0,526 dan nilai rtabel sebesar 0,396. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel. Karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima. Dengan demikian terdapat hubungan yang berarti antara metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar siswa. Hasil uji signifikan diperoleh bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu Thitung = 2.97 > Ttabel = 2.069. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variable X dengan variable Y. Sedangkan, besarnya kontribusi metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar siswa dapat ditentukan dengan menggunakan perhitungan koefisien determinasi. Dari hasil perhitungan determinasi diperoleh nilai sebesar 27,67% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.