Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada pelajaran IPS kelas IV dalam materi sumber daya alam di MI Annuriyah Depok

Main Author: Suparlis Harmalenda
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw di kelas IV MI Annuriyah Depok. Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sumber daya alam dengan penerapan model cooperative learning di kelas IV MI Annuriyah Depok. Penelitian ini dilaksanakan di MI Annuriyah Depok dengan mengambil sempel kelas IV, agar permasalahan-permasalahan di kelas benarbenar teratasi maka guru melakukan tindakan supaya lebih tahu perkembangan siswa. Instrument hasil belajar berupa test berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal siklus I dan 30 butir soaal siklus II yang telah diuji validitas dan rehabilitasinya. Tindakan dilakukan dengan dua siklus, pada siklus pertama siswa belum terlihat kemajuannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah tindakan siklus pertama yaitu rata-rata nilai N-Gain 0,38 dan hal itu diperlukan tindakan selanjutnya yaitu tindakan siklus II. Dalam siklus ini sudah mulai membaik dengan terlihatnya perkembangan dan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dibuktikan dengan rata-rata N-Gain 0,76.