Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran kooperatif model think, pair and share siswa kelas IV MI Jam�iyatul Muta�allimin Teluknaga- Tangerang

Main Author: Maemunah ED
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Berdasarkan masalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, maka mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, materi �Perkembangaan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi�. Penulis melakukan penelitian di MI.Jam?iyatul Muta?allimin Teluknaga-Tangerang untuk mengetahui hasil belajar siswa, khususnya siswa kelas IV. Dalam penelitian ini penulis sekaligus bertindak sebagai peneliti melakukan pelaksanan pembelajaran dikelas melalui tiga tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tahapan proses pelaksanaan, dan tahapan evaluasi/penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kooperatif model think, pair and share mata pelajaran IPS. Subyek penelitian berjumlah 17 orang siswa kelas IV. Instrument yang digunakan adalah soal tes tertulis dan lembar observasi siswa. Pencapaian hasil belajar siswa dihitung dengan rumus N-Gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif model think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan pencapaian keseluruhan nilai N-Gain 53, dan tingkat keberhasilan belajar siswa mencapai 100%. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik (86,50%). Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran kooperatif model think, pair and share. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif model think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI.Jam?iyatul Muta?allimin Teluknaga-Tangerang.