Peningkatan hasil belajar PKN melalui pembelajaran Kooperatif metode point counter point pada siswa Kelas IV MI Mathla�ul Anwar Benda Baru Pamulang

Main Author: Umiyati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa pada pokok bahasan globalisasi di kelas IV, 2) Hasil hasil belajar siswa pada pokok bahasan globalisasi di kelas IV akan meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode point counter point. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di MI. Mathla'ul Anwar Benda Baru Pamulang Kota Tangerang Selatan pelajaran 2013/2014. Subyeknya adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 37 orang. Pokok bahasan yang diteliti adalah globalisasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, wawancara, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode point counter point dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa yaitu 67,56% pada siklus I menjadi 91,9% pada siklus II. Hal tersebut menunjukan pula adanya peningkatan rata-rata hasil belajar PKN siswa yaitu 68 pada siklus I menjadi 74,16 pada siklus II, dan memberikan respon positifterhadap pembelajaran PKN.