Peran orang tua dalam membina akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Sina Cibening Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor
Main Author: | Nunung Nurlaleah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas peran orang tua dalam membina akhlak siswa di MIS Ibnu Sina Cibening Pamijahan Bogor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran orang tua dalam membina akhlak siswa,. Pendekatan penelitian ini deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai data dan fakta. Pembahasan hasil penelitian dimaksudkan untuk memperoleh nilai ratarata setiap dimensi variabel penelitian berdasarkan data yang diperoleh melalui angket, sehingga diketahui secara umum persepsi orang tua terhadap pembinaan akhlak siswa dari hasil penyebaran angket terhadap 30 orang tua siswa yang terdiri dari 8 dimensi dihasilkan data bahwa pembinaan Akhlak terhadap Allah SWT dengan skor 1135 NH 40 NS 37,83 NH 94,58 Kategori Nilai Sangat Baik, Akhlak kepada Rasulullah skor 435 NH 30 NS 14,50 NH 48,33 Kategori Nilai Cukup, Akhlak terhadap Orang Tua skor 554 NH 20 NS 18,47 NH 92,33 Kategori Nilai Sangat Baik, Akhlak terhadap Diri Sendiri skor 873 NH 30 NS 29,10 NH 97,00 Kategori Nilai Sangat Baik, Akhlak terhadap tetangga skor 148 NH 5 NS 4,93 NH 16,44 Kategori Nilai Kurang Baik, Akhlak terhadap keluarga skor 271 NH 15 NS 9,03 NH 60,22 Kategori Nilai Cukup, Akhlak terhadap Lingkungan skor 295 NH 10 NS 9,83 NH 98,33 Kategori Sangat Baik, Akhlak terhadap Guru skor 292 NH 15 NS 9,73NH 64,89 Kategori Baik Berdasarkan perhitungan statistik sederhana di atas dapat diketahui bahwa pembinaan akhlak terhadap Rasulullah dan pembinaan akhlak terhadap keluarga berada pada kategori cukup. Hal ini menunjukan bahwa orang tua siswa MI Ibnu Sina masih memberikan pembinaan akhlak terhadap para siswa dalam memberikan pembinaan akhlak terhadap Rasulullah dan pembinaan akhlak kepada keluarga