Pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al- Mursyidiyyah Pamulang Tangerang Selatan
Main Author: | Diny Wulandari Putri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Mursyidiyyah Pamulang Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen, yaitu kelompok siswa yang mendapat pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing sebanyak 30 siswa. Kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang mendapat pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan metode role playing sebanyak 30 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 didapat nilai probabilitas uji-t sebesar 0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05 (0,001 < 0,05) maka ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa