Peranan model CTL (Contextual Teaching Learning) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn

Main Author: Mulyanah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran PKn adalah mengenai model pembelajaran yang tidak efektif. Untuk meengatasinya, peneliti menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V di MIS Irsyadul Khair. Hipotesis tindakannya adalah peneliti menerapkan model CTL (Contextual Teaching Learning) pada pelajaran PKn, dengan begitu minat dan hasil belajar PKn siswa akan mningkat. Adapun indikator keberhasilannya adalah 75% nilai PKn siswa kelas V di MIS Irsyadul Khair mencapai KKM ?60. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah instrument tes berupa pre test dan post test, serta instrument non tes berupa lembar observasi dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil Normal Gain, hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CTL (Contextal Teaching Learning) berhasil pada siswa kelas V di MIS Irsyadul Khair. Rata-rata N-gain siklus I adalah 0,53, rata-rata N-Gain siklus II 0,67, dengan begitu indicator keberhasilan dalam penelitian telah tercapai karena seluruh siswa kelas V nilai PKn mereka telah mencapai KKM yang telah ditentukan yakni 60. Berdasarkan hasil wawancara, minat siswa setelah belajar PKn dengan model CTL (Contectual Teaching Learning) adalah tinggi. Setelah belajar dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching Learning), siswa menjadi lebih aktif dan mudah berfikir kreatif serta meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PKn. Motivasi belajarnyapun meningkat dan lebih menyenangkan.