Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap kemampuan membaca karangan narasi pada siswa kelas V di MIN 6 Jagakarsa, Jakarta Selatan tahun ajaran 2012/2013

Main Author: Peppy Nindy Ully Artha
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca karangan narasi. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 6 Gandaria Jagakarsa, Jakarta Selatan, kelas V semester II tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes obyektif sebanyak 17 soal dengan 4 pilihan. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi biseral. Koefisien reliabilitas tes = 0,774 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R 20 (Kuder- Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Uji normalitas hasil tes menggunakan chi-kuadrat. Pada kelompok eksperimen = 2,56, pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488. Pada kelompok kontrol = 3,7, pada ? = 0,05 dan dk = 4 adalah 9,488. Pada kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher. Diperoleh = 1,28; = 1,85 pada ? = 0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29. Ternyata = 1,28< 1,85 = maka disimpulkan data hasil tes kedua kelompok bervariasi sama. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh = 2,082 > = 2,002, maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca karangan narasi siswa diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan membaca karangan narasi siswa