Upaya meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas v dengan menggunakan media gambar di MI Al-Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur

Main Author: Abd Aziz
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan: Apakah ada peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V bila menggunakan media gambar pada pelajaran PKn? Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan mengungkap sejauhmana efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran PKn sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Al- Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PTK, dan tindakan penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi kegiatan belajar, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathoniyah XI. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 47%, sedangkan nilai rata-rata NGain 0,39. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Adapun saran penelitian ini adalah: Bagi guru,para guru bidang studi PKn khususnya dan guru-guru bidang studi lain pada umumnya dapat menjadi bahan acuan di dalam proses pembelajaran serta dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media gambar. Bagi sekolah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam upaya pembinaan dan pengembangan guru secara efektif, sehingga mendukung pencapaian tujuan program pendidikan. Bagi siswa, dengan menggunakan media pembelajaran gambar siswa diharapkan dapat lebih termotivasi, memahami materi dalam proses pembelajaran