Penggunaan ice breaking dalam memotivasi belajar bahasa Indonesia pada materi menulis puisi siswa kelas v SD Muhammadiyah 2 Sukmajaya Depok
Main Author: | Achmad Surur |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk memotivasi belajar siswa dengan menggunakan ice breaking di MI/SD pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, serta penggunaan ice breaking dalam memotivasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis puisi. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Sukmajaya tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan subjek penelitian dua puluh lima siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas V. Instrumen pengumpul data berupa angket motivasi, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar siswa dengan menggunakan ice breaking bertaraf pada tingkat sedang yakni 75,12 dan dapat memotivasi belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan ice breaking dapat memotivasi belajar bahasa Indonesia siswa pada materi menulis puisi